IKAN KEMBONG – Lagi Bagus Dan Berkhasiat Dari Ikan Salmon ?

IKAN KEMBONG – Lagi Bagus Dan Berkhasiat Dari Ikan Salmon ?

Ramai Tak Tahu, Sebenarnya Ikan Kembong Lebih Berkhasiat Daripada Ikan Salmon..Setakat ini, salmon telah digembar-gemburkan sebagai makanan hebat dengan kadar asid lemak Omega-3 yang tinggi. Tidak hairanlah harganya agak mahal.

Sebenarnya, tidak perlu salmon jika anda mahu mencari Omega-3. Terdapat spesis ikan tempatan dengan kandungan Omega-3 yang lebih tinggi daripada salmon. Jumlah nilai gizi pemakanan juga tidak kurang hebatnya. Apakah khasiat yang ada pada makarel atau lebih dikenali masyarakat tempat sebagai ikan kembung ini? Berikut informasi penuh memetik merdeka.com.

Kaya dengan protein, mineral, vitamin, dan asid lemak yang sihat. Makarel adalah sumber nutrisi yang sangat baik. Vitamin D yang terkandung di dalamnya membantu menyerap kalsium yang diperlukan untuk tulang yang sihat dan gigi sihat.

Kandungan protein, Omega-3, vitamin B12, vitamin D, fosforus, vitamin B2 (Riboflavin), vitamin B6, yodium, dan selenium dalam makarel adalah lebih tinggi daripada ikan salmon.

Omega 3 dapat membantu perkembangan otak dan mata pada bayi. Kandungan ini juga membantu pertumbuhan otak dan perkembangan mata apabila janin masih dalam rahim. Hati bayi sentiasa sihat dan tekanan darah tetap normal.

Ikan tempatan mempunyai nilai gizi pemakanan yang tinggi yang tidak disedari ramai. Tiada sebab untuk anda tidak mahu makan ikan yang ditangkap secara tempatan. Kandungan gizi pemakanan tidak lebih rendah daripada makanan yang diimport.

Manfaat Ikan Kembong Bagi Kesihatan dan Ibu Hamil

Ikan kembong merupakan salah satu ikan yang populer di masyarakat karena dikenal memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Ikan yang memiliki rasa yang lezat ini dapat diolah dengan cara dipanggang, dikukus, ikan pindang, ikan asin, maupun bentuk olahan lainnya. Ikan ini sangat kaya akan asam lemak omega-3 yang penting untuk mempertahankan fungsi normal organ tubuh kita.

Manfaat ikan kembungIkan kembung merupakan salah satu jenis ikan yang banyak mengandung sumber gizi yang penting bagi tubuh, yaitu mineral dan vitamin. Meskipun kandungan mineral pada dagingnya hanya sedikit, namun hal tersebut merupakan senyawa yang memiliki peran dalam proses glikolisis. Kandungan nutrisi lain dalam ikan kembung adalah manfaat kalsium, manfaat zat besi, tembaga dan yodium. Vitamin yang terdapat pada ikan ini yaitu manfaat vitamin B kompleks dan vitamin yang larut dalam lemak seperti manfaat vitamin A,D, dan E.

Ikan kembung memiliki kandungan lemak yang sebagian besar merupakan asam lemak tak jenuh yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan serta dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini menjadikannya mudah di cerna dalam tubuh dan langsung digunakan oleh jaringan dalam tubuh. Sejumlah gizi ikan kembung di atas, memang berguna untuk kesehatan dan ibu hamil seperti berikut :

1. Mencegah Penyakit Jantung

Salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah resiko penyakit jantung adalah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung manfaat omega 3. Ikan kembung tidak hanya kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan polyunsaturated fatty acid, tetapi juga memiliki kandungan yang rendah lemak jenuh. Oleh karena itu makan ikan ini dapat membantu menurunkan risiko komplikasi jantung seperti stroke, aterosklerosis, serangan jantung dan aritmia.

2. Menurunkan resiko diabetes (kencing manis)

Manfaat ikan kembung mengandung lemak sehat yakni asam lemak tak jenuh tunggal yaitu (MUFA), memainkan peran untuk pencegahan serta mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes. Mengkonsumsi ikan ini secara teratur tidak hanya mengatur kadar gula darah dalam tubuh, tetapi juga menurunkan lemak visceral, sehingga menurunkan risiko diabetes.

3. Mengawal tekanan darah

Saat seseorang non-vegetarian menderita hipertensi, mengkonsumsi ikan kembung setiap hari dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah agar tetap stabil dan terkendali. Tingginya tingkat kalium yang terkandung dalam ikan ini membantu menjaga tekanan darah normal, selain itu juga mampu menurunkan risiko komplikasi kesehatan yang berhubungan dengan kondisi kekurangan kalium dalam tubuh. Selain ikan kembung, kalium juga terdapar pada :

4. Mengurangkan gejala rheumatoid arthritis

Dalam manfaat ikan kembung terkandung senyawa yang bersifat anti-inflamasi yang dapat membantu dalam menurunkan nyeri sendi. Kekakuan otot ini sering terjadi pada orang yang menderita rheumatoid arthritis.

5. Meningkatkan fungsi kognitif

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi asam lemak omega-3 berada pada risiko yang lebih rendah untuk terkena depresi. Oleh karena itu, dengan menambahkan ikan kembung dalam menu harian, dapat membantu mengurangi perubahan suasana hati yang umum terjadi pada penderita depresi.

sumber : myinfoharian 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.