DIET DIET SIHAT

SIHAT DENGAN DIET SIHAT

Perut Begah

Perut Begah

Perut begah adalah sensasi yang umum dialami banyak orang. Begah adalah istilah awam untuk menggambarkan kondisi perut yang terasa penuh, padat, kencang, dan sesak. Beberapa orang mungkin menggambarkan sensasi begah dibarengi dengan rasa perih. Begah umumnya muncul akibat terlalu banyak gas atau sisa makanan yang terperangkap di dalam perut.

PENYEBAB BEGAH

1.menelan banyak udara
2.karena makan makanan tertentu
3.pertumbuhan bakteri
4.sedang menstruasi
5.karena penyakit yg di derita

GEJALA BEGAH

1. Bersendawa
2. Perut membesar
Sensasi penuh dan padat dari dalam dapat membuat perut tampak buncit membesar dan terasa keras.
3. Kentut
Perut begah karena terisi gas juga dapat membuat kita buang-buang angin alias kentut. Seperti sendawa, kentut merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan gas dari dalam perut lewat anus atau dubur.
4. Sakit dan kram perut
Gas yang menumpuk di bagian kanan atas usus besar dapat menyebabkan rasa sakit nyeri atau kram. Sementara jika gas justru menumpuk di bagian kiri atas usus besar, rasa sakit atau kramnya dapat menjalar ke dada.

PENGOBATAN BEGAH

1. BERAKTIVITAS RINGAN
Aktivitas fisik ringan seperti 30 menit jalan santai di pagi atau sore hari, dapat membantu melancarkan gerak usus.
Ketika usus berfungsi lancar untuk memindahkan makanan, gas yang terperangkap di dalam perut akan lebih teratur keluar lewat kentut. Usus yang bekerja normal juga dapat melancarkan frekuensi buang air besar sehingga Anda terhindar dari sembelit.
2.YOGA
yoga juga dapat menjadi cara yang baik untuk mengobati perut begah. Yoga merangsang otot-otot perut bekerja lebih maksimal untuk melepaskan gas berlebih. Dengan rutin beryoga, Anda dapat mengurangi rasa begah dan kembung.
3. MINUM TEH PEPPERMINT
Teh mint hangat diyakini dapat menjadi cara mengatasi perut begah dan kembung. Peppermint bekerja mengendurkan otot-otot usus, sehingga memungkinkan gas dan feses bergerak keluar ke anus lebih lancar.
4. MAKAN MAKANAN BERSERAT
Perut yang terasa begah dan kembung sering disebabkan karena kurang makan makanan berserat.
5. BERENDAM AIR HANGAT
Berendam di air hangat dapat menghilangkan sensasi perut yang terasa kencang dan penuh.
Ini karena berendam membantu mengurangi stres tubuh dan pikiran. Saat stres, umumnya saluran pencernaan Anda jadi tidak berfungsi dengan baik sehingga proses pengeluaran gas dari dalam tubuh jadi terganggu.
6. OBAT
Jika setelah mencoba berbagai cara di atas perut Anda masih terasa begah dan tidak nyaman, dokter akan meresepkan obat berdasarkan kondisi yang mendasari. Berikut adalah obat yang biasa digunakan:
>>Obat antispasmodik
Obat ini berfungsi mengendurkan otot-otot usus dan saluran pencernaan. Contohnya termasuk obat dicyclomine dan hyoscyamine.
>>Rifaximin
Rifaximin adalah obat antibiotik untuk digunakan dalam jangka waktu pendek. Obat ini akan diresepkan apabila penyebab begahnya adalah pertumbuhan bakteri berlebih dalam usus.
Obat rifaximin juga umum digunakan untuk mengurangi kembung pada pengidap IBS yang tidak mengalami sembelit.
>>Prokinetik
Prokinetik adalah obat pereda kembung yang bekerja mempercepat gerak makanan di sepanjang saluran pencernaan.
Obat ini harus didapat dengan resep dokter. Dokter akan meresepkan aturan dosis, frekuensi minum, dan durasi pengobatannya sesuai dengan berat badan dan kondisi kesehatan Anda saat ini.

PENCEGAHAN BEGAH

1. Hindari makanan yang bisa menyebabkan begah – Ada beberapa makanan yang disinyalir dapat membuat perut begah.

2. menghindari makan permen karet terlalu sering. Pasalnya, mengunyah permen karet dapat membuat Anda menelan udara lebih banyak.

3. Jangan makan terlalu cepat – Makan terburu-buru dapat membuat Anda menelan lebih banyak udara dari luar. Alhasil, perut jadi mudah kembung dan Anda akan merasa ingin sendawa terus.
Maka dari itu, biasakanlah untuk mengunyah makanan pelan-pelan sampai benar-benar lumat baru ditelan. Membiasakan cara makan seperti ini dapat membantu memperlancar kerja usus mengolah makanan.

Pasalnya, makanan yang masih kasar karena tidak dikunyah dengan baik akan membuat organ pencernaan kesulitan mengolahnya. Akhirnya makanan tersebut akan mengendap lebih lama di usus dan menghasilkan gas berlebih.

4.. Jangan kebanyakan minum minuman bersoda – Terlalu sering dan banyak minum soda dapat menyebabkan gas dan udara terperangkap di dalam sistem pencernaan Anda. Sebaiknya, mulai ganti soda favorit Anda dengan minum air putih biasa. Jika tidak suka dengan rasa tawarnya, buat versi infused water dengan menambahkan irisan jeruk lemon atau mentimun.

5. Minum air yang cukup – Cukup minum air putih membantu melancarkan sistem pencernaan. Dengan begitu, Anda jadi terhindar dari sensasi kembung dan begah yang biasa diakibatkan oleh sembelit. Sembelit itu sendiri terjadi akibat feses yang menumpuk di usus dan tidak bisa keluar dengan lancar. Jadi, perut Anda akan terasa penuh dan padat. Biasakan untuk minum minimal 8 gelas air putih dalam sehari.

6. Jangan makan garam terlalu banyak – Makan makanan asin yang mengandung garam dapat menyebabkan retensi air dalam tubuh. Tubuh yang menyimpan cadangan air terlalu banyak berisiko membuat perut terasa kembung dan begah.

Cara Kempiskan Perut

Setiap orang mengidamkan perut yang kempis kerana ia mampu memperlihatkan fizikal seseorang lebih nampak menarik. Secara tidak langsung meningkatkan tahap keyakinan seseorang apabila berhadapan orang ramai.

Bagi mereka yang benar-benar mementingkan penampilan diri. Masalah perut buncit sering kali menjadi masalah utama untuk memilih pakaian mengikut ukuran badan. Tidak kira lelaki mahupun wanita masalah perut buncit ini memberi tekanan dan ketidakselesaan buat diri. Namun jangan bimbang terdapat beberapa cara mudah yang boleh dicuba bagi mengatasi masalah perut buncit. Mari kita singkap cara-cara mudah untuk mengempiskan perut.

1. Kurangkan Minuman Bergula

Minuman manis iaitu minuman bergula memang sukar untuk dielakkan kerana ia sudah menjadi hidangan dalam menu seharian dikalangan masyarakat. Walau bagaimanapun cuba untuk lebihkan minum air masak dan kurangkan minuman bergula yang mengandungi banyak kalori. Malah pengambilan gula secara berlebihan juga mampu menaikkan berat badan dan mengundang penyakit kronik.

2. Makan Secara Perlahan

Kebanyakan dari kita sering lupa untuk kunyah makanan dengan sempurna sebelum menelannya. Situasi ini kerap berlaku apabila anda dalam keadaan lapar dan sewaktu menikmati makanan pedas. Anda tidak digalakkan makan dengan cepat kerana udara akan terkepung di dalam usus dan seterusnya membentuk gas yang menggalakkan perut menjadi perut buncit.

3. Akitiviti Fizikal

Lakukan aktiviti fizikal secara tetap bagi membantu mempercepatkan pembakaran kalori berlebihan. Contoh-contoh aktiviti fizikal adalah seperti berjalan, berbasikal, bermain, angkat berat, membuat kerja rumah dan lain-lain.

4. Hindari Makanan Ringan

Kudapan seperti makanan ringan, makanan segera dan makanan proses sememangnya tidak baik untuk kesihatan jika diambli secara kerap. Kajian juga menunjukkan kandungan trans lemak yang tinggi dalam makanan proses dan segera boleh dikaitkan dengan penyakit diabetes, Alzheimer dan kegemukan. Bukankah mencegah itu lebih baik dari mengubati.

5. Makan Buah dan Kekacang

Apa kata mulai hari ini anda mulakan gantikan makanan ringan atau kudapan yang sering di makan dengan sesuatu yang kurang berlemak dan jauh lebih sihat dan berkhasiat. Pisang, kacang badam, pisang dan anggur mampu membantu mengurangkan jumlah lemak di perut anda.

Leave a Reply

%d bloggers like this: